wp-image-1360495292jpg.jpg

Calon penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Karangtengah, Kec. Kertanegara, Kab. Purbalingga diverifikasi. Sebanyak 30 KK calon penerima bantuan di kumpulkan di Aula Balai Desa Karangtengah pada hari kamis, tanggal 20 oktober 2016.

Menurut Bpk. Teguh Nur Fajar, SE., ketua pendamping kecamatan, ketiga puluh KK tersebut merupakan data tambahan. “Saat ini sudah lebih dari seratus warga Desa Karangtengah yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dan setiap tahun akan terus bertambah”, ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, beliau juga menjelaskan bahwa data penerima bantuan ini berasal dari Pemerintah Pusat.

“Perangkat Desa, Kepala Desa, Kader PKK dan bahkan saya pun tidak bisa mengajukan siapa yang akan menerima bantuan PKH”, paparnya. Hal ini beliau katakan untuk mengklarifikasi isu di masyarakat tentang siapa yang menentukan penerima bantuan PKH.

“Tim pendamping Kecamatan di beri kewenangan untuk mencoret penerima bantuan yang dianggap tidak layak tetapi tidak bisa menambahkan data baru”, tambahnya.

Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa program PKH tidak bertentangan dengan program Keluarga Berencana (KB), hal ini karena PKH hanya mengcover tiga anak saja.

“Meskipun keluarga penerima bantuan PKH mempunyai anak banyak, bantuan hanya akan ditujukan pada tiga anak saja”, pungkasnya. )boeb.