“ Mas, degoleti Pak Camat ”, kabar temanku dalam bahasa jawa saat saya baru saja memarkirkan sepeda motor di lokasi acara pengajian peringatan Isra’ Miraj tingkat desa. Segera saya bergegas menemui Bapak Pratono Aprijadi, Camat Kertanegara untuk mengetahui sebab pak camat mencari saya.
“ Mas, tolong acara ini diunggah ke Website Desa ..!” perintah pak Pratono kepada saya setelah berbasa-basi sejenak.
Dan segera saya menyanggupinya dan kemudian mencari pinjaman Pulpen dan kertas untuk menulis bahan untuk konten berita Website. Maklum, sebagai Wartawan kampung(an) yang masih amatir, saya tidak selalu mempersiap diri untuk meliput setiap peristiwa. Faktor Mood lah yang memisahkan saya dari kata profesional. Sering kali saya lebih senang berdamai dengan diri sendiri untuk tidak memaksa menulis berita saat mood sedang tidak bagus.
Perintah pak pratono menjadi mood booster bagi saya. Dengan bermodal kertas dan pulpen, saya mengikuti acara dengan mencatat hal penting yang akan menjadi bahan konten kemudian merangkainya menjadi sebuah berita dan tepat sebelum acara pengajian selesai, berita mengenai pengajian isra’ mi’raj sudah di upload di website karangtengah.desa.id.
Kini tiga bulan setelah pengajian tersebut, datang kabar yang cukup mengagetkan. Berita dari kabupaten, Pak Pratono dimutasi ke Kecamatan Karanganyar. Ada rasa kehilangan dan juga akan ada rindu untuk perintah yang menjadi semangat kami menulis berita di website Desa.
Selamat bertugas ditempat yang baru, Bapak Pratono Aprijadi, semoga diberi kelancaran atas segala urusan dan terima kasih atas segala bentuk perhatian kepada Website Desa Karangtengah.)* Boeb.