Puskesmas Karangtengah mengadakan Sosialisasi Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) kepada warga Desa Karangtengah (23/2). Posbindu PTM sendiri merupakan suatu kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik. Sedangkan Yang termasuk PTM utama adalah Diabetes melitus, Penyakit jantung dan pembuluh darah, Penyakit paru obstruktif kronis dan HT.

Kepala Desa Karangtengah, Agus Sinarno dalam kesempatannya menyambut baik acara ini. Menurut beliau, ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki derajat kesehatan warga masyarakat. Dalam kesempatan ini, Beliau juga meminta kepada kader kesehatan yang ikut sosialisasi untuk memperhatikan dengan seksama paparan yang diberikan oleh pihak Puskesmas agar nanti bisa ditindak lanjuti.

Dalam kesempatan ini pihak Puskesmas yang diwakili oleh Ibu Khitoh Maemunah menjelaskan gambaran kegiatan Posbindu PTM dan manfaatnya.

Nantinya dalam kegiatan Posbindu pelayanan akan dibagi menjadi 5 meja yaitu :

  1. Meja Registrasi;
  2. Meja Wawancara oleh kader;
  3. Meja Pengukuran TB, BB, IMT, Lemak Perut, Analisa Lemak Tubuh;
  4. Meja Pemeriksaan Gula darah, Kolesterol total dan Asam urat;
  5. Meja identifikasi faktor resiko PTM, Konseling serta tindak lanjut lainnya.

Diharapkan nantinya dengan adanya kegiatan Posbindu PTM ini, faktor resiko terkena PTM dapat segera terdeteksi sehingga dapat dilaksanakan tindak lanjut pencegahan serta penangananya. )*boeb.