Pegiat website desa se Kabupaten Purbalingga kembali mengadakan juguran (27/11). Dengab dukungan penuh dari Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, juguran kali ini bertempat di Aula Kecamatan Kaligondang.

Hadir dalam kesempatan kali ini Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Purbalingga bidang Pembangunan Partisipatif, M. Ulil Albab.

Dalam kesempatan ini, beliau mensosialisasikan Sistem Informasi Desa (SID). SID adalah sistem untuk mengolah data serta informasi yang ada di Desa. Nantinya di tahun 2018 setiap desa di Kabupaten Purbalingga harus punya SID.

” Perbup yang mengatur SID sedang dibuat dan nanti pada awal bulan desember akan diadakan sosialisasi dan bimbingan tekhnis” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan nantinya seluruh hardware pendukung SID dapat dianggarkan melalui DD sedangkan software nya gratis dari pemerintah.

M. Ulil Albab (tengah) dan Sigit Dwi P. (kanan)

Sementara itu, Kabid Informatika Dinkominfo Purbalingga, Sigit Dwi Pramono yang turut hadir dalam juguran menjelaskan bahwa Website Desa adalah bagian dari SID

Menurut beliau, SID terdiri dari dua aspek yaitu :

1. Pengolah data
Data yang diolah meliputi statistik penduduk serta surat menyurat.

2. Pengolah Informasi

Pengolahan informasi ini yang fungsinya dilakukan Website Desa.

Menurut beliau kedepannya fungsi SID akan terus berkembang dan untuk menunjang agar SID dapat berfungsi optimal juga dimungkinkan untuk mengangkat pengelola diluar Perangkat Desa. Namun demikian, penanggung jawab SID tetap pada pengelola yang berasal dari Perangkat Desa.

Juguran kali ini ditutup dengan komitmen dari Desa – desa di Kecamatan Kaligondang untuk 100% memiliki Website Desa. Hal ini dilakukan untuk mensukseskan Kecamatan Kaligondang sebagai percontohan program SID di Kabupaten Purbalingga.  )*boeb