Pemerintah Desa karangtengah mengadakan Pelatihan Membatik (24-29/12/2016). Pelatihan ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat dan sebagai salah satu amanat pembangunan Desa yaitu Pemberdayaan Masyarakat.
Menurut Kepala Desa Karangtengah, Agus Sinarno, 

Pelatihan membatik dipilih karena di daerah Purbalingga ketrampilan Membatik punya prospek yang bagus”, Tambahnya.

Hal Senada juga diungkapkan oleh Tutor membatik yang juga Ketua Paguyuban Batik Purbalingga, Bpk Yoga Prabowo “Produksi Batik Purbalingga saat ini masih kecil, kami sering kewalahan saat melayani orderan partai besar”, Ungkapnya.
Dalam pelatihan ini, Bpk Yoga juga menjanjikan pembinaan pasca pelatihan, ” Setiap ada pameran, kita akan mengangkat potensi batik Purbalingga, selain itu apabila ada pesanan batik, kami akan membagi kesemua kelompok”.
” Oleh karena itu setelah pelatihan ini kami harapkan segera dibentuk kelompok agar memudahkan untuk koordinasi”, jelasnya.

Pelatihan membatik yang rencananya akan digelar enam hari ini sendiri diikuti oleh 25 warga masyarakat yang sebagian besar perempuan. mereka tampak antusias memperhatikan materi yang diberikan oleh tutor dan langsung mempraktekannya.
Kedepannya setelah pelatihan ini, Desa Karangtengah akan tumbuh menjadi salah satu sentra penghasil batik di Purbalingga. )Boeb.