Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan dan Masyarakat Sipil (Dispermasdesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah mengadakan pelatihan jurnalis desa bagi aparat kabupaten dan Desa pilot project (14/8). Pelatihan yang diadakan di Hotel Neo candi,Semarang ini merupakan rangkaian dari Program Sistem Informasi Desa (SID) Provinsi Jawa Tengah bagi Desa Pilot Project.

Dari Kabupaten Purbalingga, Selain Admin SID Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara juga hadir Admin SID dari Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar, Desa Dagan Kecamatan Bobotsari, Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang serta pejabat dari Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga.

Pelatihan Jurnalistik Desa Sendiri diisi oleh Agus Widyanto, Praktisi Media dari Suara Merdeka Network. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa jurnalisme desa di masa kini dapat dimulai dengan memfoto dan menulis apa saja yang ada di Desa. Kemudian perlahan mulai mempertimbangkan news value agar berita yang ditampilkan tidak menjadi “sampah berita”.

Dalam pengembangan berita desa, beliau menekankan pentingnya Agregasi Website Desa. Agregasi adalah penggabungan Website dalan satu portal. Diharapkan dengan aggregasi Website Desa, berita yang ditampilkan akan mudah untuk viral.

“ kalau Website Desa tidak di agregasi, berita yang dimunculkan akan mudah tenggelam, akibatnya kita susah untuk viral “, ungkapnya.

Selain pelatihan jurnalistik desa, acara ini juga dimanfaatkan untuk input data kependudukan dan Keuangan pada aplikasi Sideka milik Desa oleh Relawan TIK Jawa Tengah. Diharapkan setelah input data selesai, aplikasi SID dapat segera dimanfaatkan oleh Desa-desa pilot project. )*Boeb.