Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Karangtengah mengadakan pertemuan rutin di Aula Balaidesa Karangtengah (11/11), pertemuan yang dihadiri oleh seluruh anggota FKD dan pihak Puskesmas Karangtengah ini bertujuan untuk mengevaluasi Kinerja, Capaian serta permasalahan yang dihadapi oleh FKD.
Kepala Desa Karangtengah, Agus Sinarno, pada sambutanya menyatakan sangat senang atas terselenggaranya acara ini. Hal ini disebabkan karena selama ini masih kurang.
“Karena Kesibukan pengurusnya dan lain hal, peranan FKD dimasyarakat selama ini masih kurang terasa. Dengan adanya acara ini diharapkan kedepanya akan lebih baik” Ungkapnya.
Senada dengan Kades Karangtengah, Kepala Puskesmas Karangtengah, drg. Nursyarifah Widiasih juga mengharapkan peningkatan kinerja dari FKD. Menurut beliau, FKD adalah tonggak dari Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) dimana Masyarakat peduli dengan permasalahan kesehatan yang terjadi di lingkunganya.
“Apabila ada permasalahan kesehatan di lingkunganya, masyarakat secara mandiri mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut sehingga tujuan akhirnya adalah terbentuk Desa Sehat Mandiri” Jelasnya.
“Agar target terbentuknya Desa Sehat Mandiri dapat segera terwujud, diharapkan agar pertemuan seperti ini rutin berjalan setiap tiga bulan sekali”,tambahnya.

Dalam evaluasi kegiatan yang dipimpin oleh Ibu Khitoh Maemunah dari Puskesmas Karangtengah dibahas berbagai masalah kesehatan yang muncul di Desa Karangtengah. Permasalahan yang muncul antara lain tentang Penanganan Sampah, Saluran pembuangan air limbah, jambanisasi dan penanganan penyakit menular. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan cara penambahan kepengurusan dibidang pemberdayaan masyarakat agar sosialisasi dan edukasi masyarakat dapat berjalan maksimal. selain itu, komitmen kerjasama antara Pemerintah Desa Karangtengah dan Puskesmas Karangtengah juga menjadi modal dasar dalam megatasi seluruh masalah kesehatan yang muncul. )Boeb.