Pemerintah Desa Karangtengah mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdesa ) penetapan RKPDesa tahun 2020 (24/9). Bertempat di Balai Desa Karangtengah, Pemerintah Desa bersama masyarakat menyepakati rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2020.

Kasi PMD Kecamatan Kertanegara, Ali Nasroh, mengapresiasi seluruh proses yang berlangsung hingga penetapan RKPDesa.

” Kita sampai disini melalui beberapa proses musyawarah, diawali dari mus RT, Musdus, Musdes RPJMDesa, Penyusunan RKPDesa, hingga kini Penetapan RKPDesa “, ungkapnya.

Lebih lanjut beliau mengapresiasi pelaksanaan MusRT

“Musyawarah RT sebelum Musdus merupakan hal yang baru, baru di Karangtengah, nanti saya upayakan agar di seluruh Kecamatan Kertanegara”, lanjutnya.

Masih menurut beliau, dalam proses penyusunan RKPDesa yang berasal dari usulan masyarakat, akan terjadi pengurangan kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal ini dilakukan dengan dasar perkiraan pagu anggaran tahun 2020 serta prioritas kegiatan. Beliau juga berharap kegiatan yang tidak terlaksanakan tahun ini akan menjadi prioritas tahun berikutnya.

Lanjutnya, RKPDesa yang baik harus memberi manfaat bagi masyarakat yang ditandai oleh empat hal yaitu : meningkatkan kualitas kehidupan , meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mampu mengurangi kemiskinan dan serta peningkatan dibidang pelayanan publik.

Dalam musyawarah ini, yang menjadi prioritas kegiatan tahun 2020 adalah pengadaan mobil pelayanan masyarakat atau Ambulance. Selain itu, pengembangan kerajinan irat bambu dan abon pisang serta pencegahan stunting juga masuk prioritas bagian dari program inovasi desa.

Kemudian, untuk RKPDesa 2021 yang akan diusulkan di Musrenbangcam untuk di biayai anggaran kabupaten disepakati yang menjadi prioritas adalah jalan tembus Karangtengah – Condong, Irigasi sawah barat desa dan Irigasi sawah selatan desa. )*Boeb.