Pemerintah Desa Karangtengah kembali mengadakan Musrenbangdes (21/10). Bertempat di aula Desa Karangtengah, Pemdes, BPD, KPMD, RT, RW serta perwakilan Tokoh Masyarakat bermusyawarah menentukan rencana pembangunan desa tahun 2018.
Pada kesempatan ini, Kades Karangtengah, Agus Sinarno menjelaskan bahwa Musrenbangdes ini adalah kelanjutan dari Musdus yang telah digelar beberapa hari yang lalu. Semua usulan yang muncul dalam forum Musdus akan dimusyawarahkan dan dipilih berdasarkan urutan prioritas untuk dijadikan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) 2018. 

“Beberapa hari yang lalu, dari tanggal 15 sampai 18 oktober saya bersama KPMD secara Marathon berkeliling ke dusun-dusun untuk menggelar Musdus. Hari ini kita akan bermusyawarah membahas usulan dari bapak-ibu untuk dipilih mana yang lebih penting untuk dilaksanakan di tahun 2018″, paparnya. 

Masih dalam kesempatan yang sama,  Sekcam Kertanegara, Suparno, S.Sos, mengajak masyarakat Desa Karangtengah untuk ikut aktif terlibat dalam setiap proses kegiatan pembangunan Desa. Hal ini karena pada akhirnya masyarakat sendirilah yang akan menikmati hasilnya.  Selain itu masyarakat hendaknya memahami setiap tahapan pembangunan desa. Jika menemukan kendala atau permasalahan hendaknya diselesaikan sesuai hierarkinya. 

“jika terdapat permasalahan pada proses pengerjaan pembangunan, laporkan ke Tidak,  Timlak tidak selesai lapor ke Kades,  Kades tidak selesai baru ke Kecamatan, begitu seterusnya “, paparnya. 

Dalam Musrenbangdes sediri akhirnya dicapai kesepakatan program kegiatan yang akan diusulkan dalam RKP 2018 yang akan dibiayai oleh APBDes yaitu :

  1. Pengaspalan jalan ke belik  sempor;
  2. Rabat beton jalan Rt 01-04;
  3. Rabat beton jalan Rt 05;
  4. Rabat beton jalan Rt 06;
  5. Drainase dari Masjid Al falah;
  6. Rabat beton jalan Rt 08-09;
  7. Irigasi dari sungai sapi;
  8. Talud kuburan sebelah barat;
  9. Jalan lingkungan Rt 13-14;
  10. Jalan lingkungan Rt 15-16;
  11. Drainase Rt 15-16;
  12. Pelatihan budidaya ikan lele. 

    Kemudian program kegiatan yang akan diusulkan dalam Musrenbangkec untuk dibiayai SKPD yaitu :

    1. Drainase jalan Karangtengah – langkap;
    2. Irigasi sawah barat desa;
    3. Jalan tembus Karangtengah – Condong ;
    4. Bronjong pengaman sungai.

    Dalam pertemuan ini juga disepakati perwakilan delegasi yang akan mengikuti Musrenbangkec. Dengan diadakannya Musrenbangdes ini diharapkan pembangunan di tahun 2018 akan tepat sasaran serta tepat guna karena disusun berdasarkan aspirasi masyarakat. ;*boeb