sam_8155

Pemerintah Desa Karangtengah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Musyawarah yang digelar di Balai Desa Karangtengah pada tanggal 1 November 2016 ini dihadiri oleh Kasi PMD Kec. Kertanegara, BPD, RT, RW, Lembaga Desa serta perwakilan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Menurut Kepala Desa Karangtengah, Agus Sinarno, musyawarah ini bertujuan untuk menentukan rencana pembangunan yang akan dilakukan di tahun 2017.

“Musyawarah ini bertujuan untuk mencari kebutuhan yang paling mendesak agar bisa segera di prioritaskan di tahun 2017”, ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bpk. Sukamto, selaku Ketua BPD.  Menurut beliau, musyawarah ini adalah sarana untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Diharapkan karena program-program pembangunan ini berasal dari usulan masyarakat, maka masyarakat akan mensukseskan dan menjaga hasil-hasil pembangunan”.

Dalam kesempatan ini,  Kasi PMD Kec. Kertanegara, Bpk. Sartono menjelaskan bahwa hasil dari Musrenbangdes ini adalah Rancangan Kerja Pembangunan Desa (RKP Des). RKP Des ini di bagi menjadi dua yaitu :

  1. RKP Des yang dibiayai APBDes;  serta
  2. RKP Des yan di biayai oleh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD).

Selain itu, dalam kesempatan ini beliau juga mengharapkan fokus pembangunan jangan hanya pada kegiatan fisik saja.”Kami berharap pembangunan juga ditujukan untuk pelatihan SDM, Pengentasan Kemiskinan dan permodalan Bumdes”.

sam_8160

Dalam Musrenbang ini akhirnya di capai kesepakatan  yaitu

RKP yang diusulkan untuk dibiayai APBDes

  1. Pembangunan Balai Desa
  2. Pembangunan Gedung PAUD
  3. Pembangunan jalan RT 09-10
  4. Pembangunan jalan RT 02
  5. Pembangunan jalan RT 03
  6. Pembangunan jalan RT 06
  7. Pembangunan jalan RT 15
  8. Bantuan untuk PAMSIMAS
  9. Pelatihan Pembibitan Tanaman
  10. Pelatihan Hantaran  Pengantin.

Sementara itu, RKP yang diusulkan untuk dibiayai SKPD yaitu :

  1. Perbaikan Drainase jalan Karangtengah-Karangasem
  2. Irigasi sawah barat desa
  3. Pengaspalan jalan Karangtengah-condong
  4. Pelatihan mengelas
  5. Pelatihan Menjahit.

)boeb.