8 september 2016 adalah tanggal dimana website ini dibuat. Tidak terasa dalam beberapa hari lagi website ini akan berusia 1 tahun.

Dalam rangka menyambut satu tahun website Desa Karangtengah kemarin senin, (28/8) menjadi hari yang melelahkan untuk (bukan peringatan ulang tahun) mengurus perpanjangan domain

Iya…, domain karangtengah.desa.id setiap tahun harus diperpanjang setiap tahun. Setelah tahun pertama gratis, untuk tahun kedua harus membayar Rp. 55.000. Dan untuk Hosting, website desa di Purbalingga cukup beruntung karena menumpang di Dinkominfo ( gratis he… he….).

Proses mengurus perpanjangan domain sebenarnya cukup mudah (jika semua berjalan lancar). 

1. Masuk domain.go.id pakai akun masing-masing

Usser name serta password domain.go.id adalah yang dipakai saat pembuatan Pnsmail. Setelah masuk, akan tampak tanggal kadaluarsa domain. Kemudian klik renew dan konfirmasi (submit) pembayaran. Maka tagihan (invoice) akan dikirim ke akun pnsmail.

2. Masuk akun pnsmail masing-masing

Di pnsmail pihak pandi (yang mengurus domain) sudah mengirim email yang berisi nomer invoice, jumlah tagihan serta nomer rekening bank untuk pembayaran. 

Disini saya sempat panik karena saat itu akun pnsmail sedang gangguan sehingga tidak bisa diakses. Akhirnya seorang teman menyarankan untuk membayar lewat atm sehingga tidak pakai no. Invoice. ( belakangan baru tahu kalau no. Invoice bisa juga dilihat di aktun domain.go.id, pada bagian view he… he…)

3. Konfirmasikan pembayaran dengan mengirim scan struk pembayaran ke pembayaran@domain.go.id dengan subjek no. Invoice dan nama domain

Dan terakhir tinggal menunggu konfirmasi balasan dari Pandi dan domain anda akan aktiv untuk satu tahun kedepan. )*boeb.