Email atau surat elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer atau internet. Seiring berkembangnya waktu, keberadaanya semakin dibutuhkan mengingat efesiensi waktu dan kepraktisannya.

Sejalan pengembangan website desa di desa kami, timbul keinginan untuk membuat email yang terintegrasi dengan website desa. Diharapkan dengan email yang terintegrasi dengan website desa akan meningkatkan nilai profesionalitas serta memperkuat branded desa kami.

Beruntung bagi kami mempunyai teman-teman yang selalu mensuport kemajuan website desa. Saat kami mengutarakan maksud pada forum diskusi group WA, teman kami, Akbar Bahauloh, yang memang bekerja pada pengembangan website, memberikan link tutorial pembuatan custom email agar dipelajari.

Tentu saja saya sangat bergembira atas masukan dari mas akbar, tutorial diberikan langsung saya download dan saya pelajari. Tidak hanya itu, agar mudah dipahami, tutorial tersebut saya cetak kemudian dijilid (ben keton niat he… he…).

Mengintegrasikan email dengan Website

Setelah dipelajari, tiba saatnya bagi saya untuk memulai langkah pembuatan email. Proses pembuatanya sendiri dapat dibagi menjadi beberapa langkah yaitu :

1. Pembuatan Akun

Dalam hai ini, karena saya akan memakai Zoho mail, maka saya mendaftar di akun zoho melalui link http://s.id/daftarZoho.

2. Verifikasi domain

Untuk melakukan verifikasi memerlukan akses ke DNS (hosting) manager website. Saat proses ini, saya cukup kesulitan (karena keterbatasan ilmu he.. he..), beruntung saya dibantu pak Tofik, Kades Karanganyar, yang memang ahli untuk urusan IT.

3. Manajemen Akun

Disini kita dapat membuat akun email turunan untuk anggota. Dalam hal Pemerintahan Desa, kita bisa membuat akun email untuk Kadus ataupun Kasi.

4. Custom Gmail

Ini merupakan langkah pelengkap. Dimana langkah ini bertujuan untuk lebih memudahkan kita dalam berkirim email tanpa harus membuka aplikasi baru.

Dan setelah semua langkah dijalani maka akun email info@karangtengah.desa.id resmi diluncurkan. )*Joen