Agen Perubahan Informatika (API) Kabupaten  Purbalingga kembali mengadakan juguran rutin di Aula Dinhubkominfo pada tanggal 5 november 2016. Ajang kumpul-kumpul para pegiat Website Desa ini terselenggara berkat dukungan dari Dinhubkominfo Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya Kabid Kominfo, Bpk Eri Rusdi mengapresiasi para admin Desa yang mau aktif membangun Website Desanya.

“Dalam regulasi, Website Desa memang belum menjadi kewajiban setiap desa, jadi tidak heran bila belum semua desa di Purbalingga mempunyai Website. Tetapi pengembangan website desa adalah bukti bahwa desa telah menjalankan keterbukaan informasi publik sesuai amanah undang-undang

Lebih lanjut menurut beliau pemanfaatan tekhnologi informasi komunikasi (TIK) di dalam Pemerintahan akan membuat Pemerintahan lebih efektif dan efisien.

“Kami Dinhubkominfo)red. sudah membuktikan bahwa dengan anggaran yang minim dan personil  yang terbatas bisa melakukan banyak hal, termasuk memfasilitasi pengembangan website desa di purbalingga”ungkapnya.

Kedepanya, menurut beliau, Dishubkominfo akan membagikan beberapa aplikasi yang dapat mempercepat dan mempermudah administrasi desa. Sehingga diharapkan pemerintahan desa dapat berjalan efektif dan efisien.

“Selanjutnya tinggal bagaimana kemauan manusianya untuk menjalankannya”pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, pihak Dishubkominfo mengundang Akbar Bahauloh dari pusko media untuk berbagi ilmu dengan para admin desa. Dalam kesempatan ini beliau mengajarkan pengelolaan website secara mobile melalui android serta pengenalan plug in untuk memantau aktifitas website.)boeb