Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga mengadakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) bagi Desa-desa di Kabupaten Purbalingga (24/10). Dalam pelatihan yang diadakan di Gedung PGRI Purbalingga ini diikuti seluruh desa di Kabupaten Purbalingga yang mengikutserakan satu orang perangkat desa dan satu orang pegiat media sosial serta Pendamping Desa.

Menurut Sapta Wasono, Kasi Administrasi Desa Dinpermasdes Purbalingga, pelatihan SID ini terdiri dari dua sesi yaitu jurnalisme desa dan pengenalan Dasboard SIDEKA.

” Nantinya, desa akan diajari cara membuat berita tentang desa atau istilahnya Jurnalisme desa oleh Dinkominfo serta akan dikenalkan dengan SIDEKA yang dikembangkan RTIK Jawa Tengah” jelasnya.

Menurut beliau, setelah diajari jurnalisme desa, diharapkan desa bisa menginformasikan informasi serta mengangkat potensi yang ada di desa.

Pada sesi kedua, diadakan sosialisasi dasboard SIDEKA oleh RTIK Jawa Tengah. Sideka sendiri merupakan sistem informasi desa yang terintegrasi dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Sistem ini diturunkan dari provinsi kemudian dikembangkan oleh kabupaten dan dimanfaatkan oleh desa.

Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dua hari, yaitu hari pertama untuk desa di 8 kecamatan, kemudian hari kedua untuk desa di 10 kecamatan. Pengemban SID ini sendiri merupakanjutan program dimana sebelumnya empat desa di Purbalingga menjadi pilot projek pengembangan SID.)*boeb.