Desa Karangtengah mengikuti pelatihan Sistem Informasi Desa bagi Aparatur Pemerintah dan Desa Pilot Projek di Semarang (3/7). Hal ini karena Desa Karangtengah terpilih sebagai Desa Pilot Projek penerapan SID di Jawa Tengah dari Kabupaten Purbalingga bersama tiga Desa lain yaitu Desa Karanganyar, Desa Dagan dan Desa Kalikajar.

Pelatihan SID sendiri merupakan program yang digagas oleh Dinpermasdukcapil Provinsi Jawa Tengah untuk menyamakan persepsi mengenai informasi desa yang dibutuhkan dari tingkat desa, kabupaten sampai Provinsi.

Seperti dijelaskan oleh Sudaryanto, M.Si, Kepala Dinpermasdukcapil Provinsi Jawa Tengah bahwa di banyak desa di Jawa Tengah sebenarnya sudah menjalankan SID tetapi berasal dari beberapa pengembang sehingga berjalan.

“Dengan sistem yang sama nantinya ada kesamaan data yang ditampilkam desa dan terkoneksi dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi”, paparnya.

Sementara itu menurut beliau, penunjukan Desa Pilot Projek diharapkan sebagai pemantik di masing- masing kabupaten untuk menjalankan SID

“Nantinya pengembangan SID akan diserahkan kepada masing – masing kabupaten, empat desa pada tiap kabupaten akan menjadi penggerak bagi desa di sekitarnya dalam menjalankan SID”, jelasnya.

SID yang dipakai sendiri dikembangkan oleh Relawan TIK Jawa Tengah sedangkan untuk Hostingnya disediakan oleh Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah. )*Boeb