gapoktan1

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “DAYA SEJAHTERA” menyeleranggarakan Kegiatan Bina Tani.Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 September 2016 di Aula Balaidesa Karangtengah dan dihadiri oleh seluruh kelompok tani yang ada di Desa Karangtengah.
Ketua Gapoktan Daya Sejahtera, Bpk Darsono mengatakan bahwa Kegiatan ini digunakan sebagai ajang untuk memupuk kekompakan serta menjadi sarana menimba ilmu agar produksi pertanian di Desa Karangtengah dapat meningkat.
“Dalam kesempatan ini, kami mengundang Penyuluh Swadaya serta PPL tingkat Kecamatan” paparnya.
“Kegiatan ini rencananya akan menjadi agenda rutin setiap akan memasuki musim tanam baru.” paparnya, “tujuanya agap para petani menjadi tahu tentang program yang akan dilaksanakan Pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani”.
Penyuluh Pertanian Desa Karangtengah, Bpk. Bunyamin, Amd.Pt menyambut baik acara ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini kami gunakan untuk menyerap aspirasi dari petani tentang permasalahan yang dihadapi.
“Dari kegiatan ini dikatehui bahwa permasalahan yang dihadapi di Sawah Timur Desa adalah Hama Tikus sedangkan permasalahan yang dihadapi di sawah Barat Desa adalah Pengairan ” Ungkapnya.
“Untuk masalah hama tikus,Tahun ini kami merencanakan program gropyok tikus serta pembuatan perangkap tikus di sawah serta untuk permasalah pengairan sawah barat desa, kami sedang mengupayakan agar dapat segera membangun saluran irigasi yang melewati tengah sawah” Paparnya.
Dalam kesempatanan ini juga diadakan sosialisasi Penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) oleh penyuluh pertanian Swadaya, Bapak Rokib. Menurut beliau penggunaan pupuk organik cair harus terus digalakan.
“Hal ini dikarenakan selain membuat hasil panen melimpah,Pupuk Organik Cair (POC) juga meningkatkan kandungan unsur hara pada tanah yang menjadi tanda tingkat kesuburan tanah” paparnya.
” Hasilnya tentu akan berbeda jika menggunakan pupuk kimia,penggunaan pupuk kimia secara terus menerus akan membuat tanah menjadi gersang “, Pungkasnya. (Boeb)