Masyarakat Desa Karangtengah mengadakan kegiatan jumat bersih pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RT 09 RW 03 Desa Karangtengah (7/2). Hadir dalam kegiatan tersebut Perangkat Desa Karangtengah, Bidan Desa, Naping Kes, PKK Desa, KKN dari Universitas Peradaban Bumiayu, perwakilan dari Puskesmas Karangtengah dan Kecamatan Kertanegara.

Menurut Bidan Desa Karangtengah, Uji Lusiani, Amd. Keb., Kegiatan PSN ini adalah tindakan antisipasi wabah penyakit Demam Berdarah agar tidak terjadi di Desa Karangtengah

“Seperti diketahui, beberapa desa di Kabupaten Purbalingga susah endemik demam berdarah. Dan satu-satunya jalan agar tidak sampai kesini adalah dengan membersihkan lingkungan sekitar dari sarang nyamuk”, jelasnya.

Dalam kegiatan PSN ini, petugas mengecek ada tidaknya jentik nyamuk di tempat penampungan air yang ada di rumah penduduk serta memberikan sosialisasi dan himbauan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Selain itu, petugas bersama masyarakat juga membersihkan lingkungan dari sampah terutama yang bisa menampung air hujan.

Sementara itu, Kasi Kesra Kecamatan Kertanegara, Untung Widodo,S.Sos yang ikut dalam kegiatan ini berharap masyarakat dapat berperan aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Kegiatan PSN ini sifatnya hanya stimulan. Saya berharap kedepanya masyarakat dapat membersihkan lingkungan sekitar secara mandiri”, harapnya. )*Boeb.