Agus Basuri resmi di ambil sumpah sebagai Sekretaris Desa Karangtengah (23/6). Beliau dilantik setelah mendapat nilai tertinggi dalam penilaian Perangkat Desa yang digelar beberapa waktu yang lalu. 

Pengangkatan Sekretaris Desa kali ini memang dilakukan melalui jalur mutasi, hal ini seperti yang dijelaskan oleh Camat Kertanegara, Pratono Aprijadi yang hadir dalam acara pelantikan

“Pemilihan Sekretaris Desa mengacu pada Perda Purbalingga Nomor 3 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 3 tahun 2016 tentang Tata cara pencalonan, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa serta Perbub Purbalingga nomor 27 tahun 2018 tentang Pedoman Pengisian Perangkat Desa kemudian ditegaskan dengan Surat Edaran Bupati nomor 141.1/04426/2018 yang berisi pengisian posisi Sekretaris Desa bisa dilakukan dengan mekanisme mutasi dan penjaringan akan tetapi lebih diprioritaskan dengan proses mutasi”, paparnya.

“Mutasi ini sendiri dilakukan setelah Kepala Desa melakukan penilaian terhadap Perangkat Desa yang telah memenuhi syarat. Dan untuk menjaga indepedensi penilaian, kami dari Kecamatan menerjunkan tim pendamping”, tambahnya.

Agus Basuri sendiri sebelum menjadi Sekretaris Desa menjabat sebagai Kepala Dusun I sejak tahun 2009 sehingga telah memenuhi syarat pengabdian sehingga berhak untuk ikut dinilai. Pengalamanya dalam membantu fungsi Sekretaris Desa mengerjakan APBDes membuat beliau mengungguli rekan – rekannya dalam sistem penilaian.

Selamat bertugas Pak Agus Basuri semoga bisa menjaga amanah sebagai Sekretaris Desa )*boeb.